Indonesian Home University, Tangerang – Email sudah menjadi bagian penting bagi pekerja masa kini, apalagi mengecek email sudah bisa lewat smartphone. Bagaikan pedang bermata dua, alat komunikasi seperti email mempunyai keuntungan dan kekurangan, Pengguna yang terus menerus mengecek email justru dapat merugikan diri sendiri, mulai dari produktivitas dan kesehatan. Business Insider pernah menjelaskan bahwa mengecek email ketika liburan bisa menambah stress, Menurut Fast Company, ada saat-saat “terlarang” untuk membuka email kantor. Contohnya, yakni ketika baru sampai ke kantor dan sewaktu menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang tersayang.

Kapan lagi waktu yang sebaiknya jangan digunakan untuk mengecek email kerja? Berikut ulasannya:

1. Ketika Baru Sampai di Kantor
Menurut pakar karier Amanda Augustine, mengecek email kerja pada pagi hari justru adalah saat terburuk untuk melakukannya. Hal itu dipandang bisa mengganggu jadwal seharian, Membuka email di pagi hari bukannya malah membuat kerja cepat selesai, tetapi produktivitas pagi hari malah mubazir akibat sibuk mengecek email,”Itu membuang jam-jam berharga (pagi hari) ketika kebanyakan orang justru beroperasi di puncak produktivitas mereka,” jelasnya.

2. Saat Sedang Malas
jangan sampai mendadak sibuk mengecek email ketika sedang malas. Apalagi jika sebetulnya ada tugas mendesak lain. Mengurus email pun malah dipakai sebagai alasan untuk menunda pekerjaan, “Mundur sejenak, dan periksa lagi prioritas-prioritas harian Anda. Jangan buat email sebagai alasan saat ada pekerjaan sungguhan yang tidak dikerjakan, padahal kerjaan itu yang perlu diselesaikan,” ucap Augustine.

3. Sebelum Tidur
Bila ingin debar jantung meningkat sebelum tidur, maka cobalah mengecek email kerja sebelum mematikan lampu. Membuka email pun malah merugikan kesehatan tubuh dan pikiran, Dibuat sibuk oleh email sebelum tidur malah membuat pikiran menjadi terbangun ketika harusnya beristirahat. Cahaya biru yang berasal dari peralatan juga turut menganggu kualitas tidur seseorang, “Mengecek email tepat sebelum tidur akan membuat kamu bermimpi tentang pekerjaan, malah jadi resah, dan paginya keleahan,” ujar pakar karier Elizabeth Whittaker-Walker.

4. Ketika Bersama Orang Tersayang
Menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat di luar kantor adalah obat yang baik untuk rehat dari kesibukan sehari-hari. Mengecek email ketika bersama orang-orang tersayang membuat mereka merasa terabaikan, padahal mereka justru yang akan paling setia di sisimu dalam segala situasi,”Orang-orang yang paling mencintaimu adalah mereka yang akan hadir ketika kamu memiliki hari baik, hari sulit, pindah kerja, dan sebagianya,” jelas Elizabeth Whittaker-Walker.
Ia pun menegaskan sibuk mengecek email di saat bersama orang tersayang hanya akan membawa penyesalan. Pasalnya, waktu yang terbuang tak akan bisa kembali, “Mengecek email selama kencan, ketika berjalan-jalan, atau saat makan malam, dapat menyampaikan pesan keacuhan dan ketidaktertarikan. Hadirlah dalam situasi. Ada momen-momen yang tidak akan pernah kembali lagi,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.